Trend, Support dan Resistance

Halo rekan trader semua,,,

Udah lama banget nih gak posting, soalnya bingung apa yang mau di posting,,, hehehe,,, gimana kabar rekan trader semua, minggu ini pada profit semua kan, apalagi kemaren jumat market menggila,,, hehehe,,, mumpung hari minggu ni market lagi tutup n keinget sama blog jadi posting deh,,, hehehe

Kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi pemahaman aja kok tentang trend, support dan resistance,,, Tentunya rekan trader semua gak asing dan pasti sering dengar dengan yang namanya "Trend" dan "Support dan Resistance". Disini saya gak bermaksud menggurui siapapun, saya hanya ingin berbagi yang mungkin dapat bermanfaat bagi beberapa rekan trader. Saya tidak akan menjelaskan satu per satu dan akan menjelaskan sekaligus karena semuanya berhubungan sangat erat.

Secara visual pergerakan forex itu sangat fleksibel, naik dan turun secara harmonis, tetapi pada prinsipnya market forex hanya bergerak ke satu arah yaitu naik atau turun saja. Kecenderungan pergerakan satu arah tersebutlah yang bernama "TREND". Maka, kenapa banyak sekali trader, terutama trader baru sangat kesulitan meraih profit ??? Sebenernya alasannya simple, mereka "Melawan Trend". Jadi jika ingin meraih profit, "Just Follow the Trend". Untuk dapat melihat trend utama kita dapat menggunakan time frame yang besar(H4 keatas). Saya kasih contoh gambar :
Garis biru pada angka 1 menunjukan trend naik, pada angka 2 menunjukan trend turun dan pada angka 3 menunjukan trend naik. Ketika trend turun(angka 2) akan sangat beresiko jika kita mengembil posisi "buy", dan akan sangat lebih bijak jika kita mengambil posisi "sell". Trend akan sangat mudah dilihat ketika harga telah berlalu, tapi bagaimana bisa kita melihat trend sekarang yang sedang terjadi ??? Disitulah letak permasalahnnya.

Di dalam trend turun ada pergerakan naik, dan di dalam trend naik ada pergerakan turun. Nah, hal tersebut akan membentuk adanya batasan bawah(Support) dan batasan atas(Resistance). Gampangannya sih ada puncak(resistance) dan lembah(support). Dengan adanya puncak dan lembah ini kita dapat melihat trend yang sedang terjadi.

Trend turun terjadi ditandai dengan adanya "BREAK OUT" atau jebolnya atau tertembusnya batasan bawah(support). Dan trend naik ditandai dengan adanya Break Out atau jebolnya atau tertembusnya batasan atas(resistance). Sampai sini dapat dimengerti kan ??? hehehe

Ada cara lain untuk melihat trend. Trend turun akan terjadi ketika puncak sebelumnya lebih tinggi dari puncak setelahnya dan lembah sebelumnya lebih tinggi dari lembah setelahnya. Trend naik akan terjadi ketika puncak sebelumnya lebih rendah dari puncak setelahnya dan lembah sebelumnya lebih rendah dari lembah setelahnya.

Untuk lebih cepat n mudah memahaminya, langsung praktekkan ke chart masing-masing,,, hehehe

Sangat simpel kan ??? Gak perlu indikator aneh-aneh,,, hehehehe,,,

Sebenernya trading forex gak perlu indikator aneh-aneh, indikator paling bagus(menurut saya) adalah "mata". Hanya dengan melihat candle stick sebenernya kita sudah bisa profit karena yang menggambarkan pergerakan harga adalah candle stick. Banyak trader pro trading tanpa indikator, karena mereka tau trading forex itu hanya butuh candle stick.

Semua hal diatas memang simple, tapi hal diatas sangatlah penting untuk memaksimalkan profit dan meminimalkan loss. Banyak sekali trader yang menyepelekannya dan lebih mementingkan teknikal trading entah dengan indikator atau tidak.

"To Profit, Just FOLLOW The TREND !!!!!"

Untuk yang ingin sharing tentang forex, belajar bersama, atau mau mengoreksi silahkan hubungi saya lewat YM yang ada di sebelah kanan blog. Atau add FB saya "Pian Uhuy"(abis add, inbox ya, kalo gk inbox gak saya confirm, soalnya banyak orang gak kenal ng.add saya). Sekian dari saya, maaf jika banyak kata yang kurang berkenan.

Salam Profit,,,

5 Responses so far

  1. nini kutu says:

    Trend dan support banyak digunakan oleh trader untuk melakukan trading, namun semuanya harus dilakukan dengan pengetahuan yang optimal. sekarang saya memanfaatkan beberapa indikator support dan resiatan ini saat melakukan trading di octafx dimana broker ini jarang saya temui adanya slippage

  2. ya intinya follow the trend aja :D

  3. kalau menjadi seorang trend lover memang sngat menyenangkan karena bisa menghindari resiko resiko besar yang mengkin terjadi sehingga nantinya akan membuat kita bisa menjadi semakin baik dalam mengelola bisnis ini, apalagi indikator yang digunakan di octafx cukup mendukung juga, seperti dengan MA asn juga MFI

  4. Kaito Kid says:

    Dapatkan $123 di dalam akun bonus FBS

    Bonus bisa dipakai untuk trading delama 7 hari kerja dari bonus masuk ke akun
    Profit Anda tidak terbatas
    Anda bisa dapat bonus tanpa butuh verifikasi dan notifikasi

    Tertarik.... ? Coba ikuti link ini

    Keuntungannya untuk FBS?

    Bonus 100% deposit untuk trading
    Promosi kontes tetap dan menguntungkan
    Komisi mitra yang paling besar: sampai $80 per lot
    Deposit dan penarika via sistem apapun dalam mata uang apapun
    Leverage 1:3000 ... Maknyus paling besar

  5. Blogger says:

    I advise that you stick with the #1 Forex broker.

Leave a Reply