William Delbert Gann

Bagi para trader nama William Delbert Gann atau lebih sering di sebut dengan W. D. Gann pasti tidaklah asing. Pada mt4 ada indikator bawaan Gann, yaitu Gann line, Gann fan, dan Gann grid. Sebenarnya masih banyak yang lain. Gann adalah salah satu orang yang paling berpengaruh terhadap perkembangan dunia "Trading". Mari kita berkenalan dengan Gann lebih dalam.

William Delbert Gann adalah seseorang yang lahir pada 6 juni 1878 di Lufkin, Texas. Ayah beliau adalah seorang petani kapas. Gann dan orang tuannya adalah pemeluk agama Kristen yang taat, sehingga gann dipercaya sebagai murid alkitab yang hebat.

Gann memulai trading pada usia 24 tahun, yaitu pada tahun 1902, itu adalah trading pertamanya di kontrak bursa berjangka(kapas) dan memperoleh keuntungan pertamanya. Pada tahun 1906 Gann pindah ke Oklahoma dengan membawa ambisi kuat untuk memulai karirnya sebagai trader. Perjalanan karirnya sempat naik dan turun, serta Gann memiliki pemikiran bahwa "Jika seorang investor memasuki pasar investasi tanpa pemahaman pengetahuan tentang pasar,maka kesempatan untuk gagal akan menjadi 90%. Alasan dibalik kegagalan mereka adalah emosi manusia: harapan, ketamakan dan ketakutan adalah musuh kesuksesan."

Mulai dari usia dini, Gann sudah menyadari bahwa hukum alam merupakan kekuatan yang menggerakan pasar. Gann telah melakukan perjalanan ke beberapa negara dalam mempelajari hubungan antara hukum alam dan hukum pasar. Negara yang dikunjungi diantaranya inggris, mesir dan india

Ketika gann berada di inggris, gann mempelajari industri pasar keuangan yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Salah satu tekniknya yang terpenting adalah "kardinal gann Square". Ketika Gann berada di mesir dan India, Gann terinspirasi oleh struktur candi-candi yang ada disana.

Setelah perjalanan untuk riset, Gann menyimpulkan bahwa pasar keuangan di dorong oleh Hukum "getaran". Seseorang dapat memberitahu waktu dan harga pasar dimasa depan dengan akurasi yang tinggi. Tingkat "getaran" menentukan pergerakan harga pasar akan naik atau turun.

Pada tahun 1908 gann pindah ke New York. Di tahun ini gann sudah menjadi broker dan peneliti. pada tahun ini gann mengembangkan teknik utamanya yaitu "Master Time Factor". Dengan itu gann menjadi terkenal di wallstreet.

Pada tahun 1909 Gann diwawancari oleh sebuah majalah keuangan yaitu "the ticker and Investment Digest". Dari hasil wawancara, Gann telah menghasilkan laba hingga 1000% dari modal tradingnya selama 1 bulan. Gann melakukan transaksi sejumlah 286 kali dengan 264 transaksi profit dan 22 transaksi loss. Gann melakukan 16 transaksi /hari dan interval transaksi rata-rata selama 20 menit.

Menurut William Gilley temannya Gann, "Salah satu perhitungan yang paling menakjubkan yang dibuat oleh Mr Gann adalah selama musim panas ditahun 1909 ketika ia memprediksi bahwa pada bulan September 1909, harga gandum akan berada di harga $ 1,20. Ini berarti bahwa harga tersebut harus menyentuh $ 1,20 sebelum akhir bulan September. pada pukul 12:00, waktu Chicago, pada tanggal 30 September (hari terakhir) harga berada di $ 1,08, dan dan tampaknya prediksi tersebut tidak akan terpenuhi. Mr Gann berkata, "Jika tidak menyentuh $ 1,20 oleh pasar, itu membuktikan bahwa ada sesuatu yang salah dengan metode perhitungan di seluruh hidupku. Aku tidak peduli berapa harga sekarang, harga itu harus pergi ke sana." Ini adalah sejarah umum yang mengejutkan bahwa pada bulan September 1909 seluruh pedagang dinegerinya menjual Gandum diharga $ 1,20 dan tidak ada yang lebih tinggi di jam terakhir perdagangan tersebut, dan akhirnya perdagangan ditutup pada angka itu ($ 1,20)".

Dipuncak karirnya Gann mendirikan 2 perusahaan riset pasar yaitu w. D. Gann scientific Service, Inc dan W. D. Gann Research, Inc. Gann menerbitkan buletin investasi dan perkiraan tahunan harga saham dan komoditas. Gann juga menjadi pembicara di beberapa seminar. Gann juga membuka kelas berbayar yang terbatas. Untuk kelas ini dikenakan biaya sebesar $5000 pada waktu itu., setara dengan $50000 saat ini.

WD Gann mempercayai bahwa 360 derajat lingkaran dan angka dari 1 sampai 9 adalah asal dari matematika. Dalam lingkaran, mungkin ada tempat persegi dan segitiga. Di luar lingkaran, kita juga dapat membangun sebuah persegi dan segitiga. Ini konstruksi sebenarnya dari dimensi pasar. mungkin cukup membingungkan bagi kita, akan tetapi jika gann diberikan data waktu dan sejarah harga tertinggi dan terendah, gann bisa memanfaatkan prinsip matematika dan geometris untuk menentukan titik balik pada pasar berjangka.

WD Gann menulis banyak buku, diantaranya adalah:
- Truth of The Stock Tape (1923)
- Tunnel Thru The Air (1927)
- Wall Street Stock Selector (1930)
- New Stock Trend Detector (1936)
- Face Facts America (1940)
- How to Make Profits in Commodities (1941)
- 45 Years in Wall Street (1949)
- The Magic Word (1950)
- WD Gann Economic Forecaster (1954)
- How to Make Profits Trading In Puts And Calls

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "William Delbert Gann"

Post a Comment