Cara Menggunakan Fibonacci Retracement

Halo sahabat trader,
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara menggunakan indikator Fibonacci Retracement. Fibonacci adalah salah satu indikator bawaan yang terdapat pada mt4. Di dalam mt4 sebenarnya ada beberapa indikator Fibonacci, yaitu Fibonacci Retracement, Fibonacci Time Zones, Fibonacci Fann, Fibonacci Arcs, dan Fibonacci Expansion. Diantara kelima indikator Fibonacci tersebut Fibonacci Retracement merukapan Indikator yang paling populer.

Sebelum saya sharing tentang penggunaan indikator Fibonacci, sebenarnya, apa sih itu Fibonacci ??? Fibonacci merupakan rasio angka yang dikemukakan oleh Leonardo Fibonacci. Beliau merupakan ahli matematika abad pertengahan. Leonardo Fibonacci berasal dari kota Pisa, Italia. Beliau memperkenalkan deret angka yang rasionya terdapat dalam proporsi bentuk-bentuk di alam. Deret angka ini disebut sebagai deret Fibonacci. Deret angka tersebut adalah 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946, ... dst.

Jika salah satu angka dari deret tersebut kita bagi dengan angka sebelumnya maka hasilnya akan mendekati 1.618. Kita ambil contoh angka yang paling belakang 10946 : 6765 = 1.618033. 1.618 inilah yang sering disebut Angka Fibonacci atau populer dengan nama Golden Ratio.

Penerapan Fibonacci dalam Trading
Dalam penerapannya tidak perlu melakukan perhitungan ratio seperti yang dilakukan oleh Leonardo Fibonacci, karena dalam mt4 sudah ada indikatornya. Fibonacci retracement digunakan untuk mencari harga sejauh mana koreksi akan terjadi, dimana harga tersebut dapat dijadikan acuan untuk melakukan transaksi. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah :

Menentukan Swing High dan Swing Low
Yang perlu dilakukan pertama kali adalah menentukan Swing high dan Swing low. Swing high adalah harga tertinggi atau ujung atas dari wave. Sedangkan swing low adalah harga terendah atau ujung bawah dari wave. Contoh bisa lihat gambar di bawah.

Menarik Indikator Fibonacci Pada Chart
Langkah berikutnya adalah menarik indikator fibonacci retracement pada chart. Klik icon seperti pada gambar.
Cara penarikannya adalah, jika trend naik maka ditarik dari bawah(swing low) ke atas(swing high) dan jika trend turun maka ditarik dari atas(swing high) ke bawah(swing low). Lihat contoh gambar di bawah, pada contoh tersebut trend yang sedang terjadi adalah trend naik. maka penarikan fibonacci retracement dari swing low ke swing high.

Menetukan Titik Entry
Langkah selanjutnya adalah menentukan dimana kita akan melakukan transaksi. Jika sudah terbentuk swing low dan swing high serta sudah dilakukan penarikan indikator fibonacci retracement. Kita tinggal menunggu harga koreksi turun. Biasanya harga akan mencapai level fibonacci 50-61.8. Kita bisa memasang buy limit dikisaran harga tersebut atau menunggu lalu melakukan transaksi di saat harga mencapai level tersebut. Pada gambar di bawah, kotak biru merupakan area untuk melakukan transaksi.
Mari kita lihat harga setelahnya

Begitulah cara menggunakan fibonacci retracement, untuk penggunaan level fibonacci sebenarnya sangat subyektif. Fibonacci retracement juga dapat digunakan bersamaan dengan indikator lain sebagai konfirmasi supaya analisa lebih akurat.

Semoga Bermanfaat

3 Responses to "Cara Menggunakan Fibonacci Retracement"

  1. menurut anda seberapa% ke akurasi Fibonacci Retacement? please.....

    ReplyDelete
  2. seberapa % ke akurasi Fibonacci Retacement? please.....

    ReplyDelete
  3. HASHTAG OPTION merupakan platform trading Online berbasis di Indonesia.
    Hanya dengan Deposit 50.000 anda bisa bermain trading.
    PILIHAN TRADER #1
    - Teregulasi FCA UK
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Jika anda bingung mencari broker, anda bisa bergabung bersama kami
    Dengan modal kecil anda bisa berinvestasi dengan keuntungan hingga 80%

    Bersama Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.

    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete